5 Tips Melahirkan Tanpa Rasa Sakit, Agar Saat Persalinan Berjalan Normal dan Lancar


Melahirkan tanpa rasa sakit dengan relaksasi dzikir metode hypnobirthing saat persalinan normal ila rileksasi evariny andriana dgn pdf alami normal Caesar nyaman video youtube cepat lancar anak pertama cara doa buku teknik mudah pengalaman kiat

Setiap wanita hamil, pasti ingin melahirkan tanpa rasa sakit dan saat persalinan berjalan normal lancar. Meskipun begitu, kelahiran merupakan masa yang ditunggu-tunggu ibu hamil. Menjelang melahirkan, ibu akan merasakan bahagia serta penasaran karena tak sabar menunggu kehadiran sang buah hati.

Di samping itu, ibu juga merasa khawatir, takut, dan gelisah karena sudah membayangkan terlebih dahulu bagaimana rasanya melahirkan. Setiap wanita hamil tentu menginginkan proses persalinan yang normal. Ditambah pula, kelahiran normal ini sangat dianjurkan oleh dunia medis terkecuali jika kandungan yang di dalamnya mengalami gangguan.

Melahirkan normal tentu memberikan pengalaman yang begitu berharga untuk setiap wanita. Tak heran wanita saat melahirkan merasakan perjuangan antara hidup dan mati.

Tak hanya itu saja, dengan persalinan yang normal dan sehat tentu bisa berdampak baik secara psikologis, dimana bunda merasa menjadi wanita yang paling berbahagia sebagai wanita seutuhnya. Dengan demikian rasa sayang Anda terhadap ibu kandung juga lebih meningkat. Karena Anda mulai menyadari betapa hebatnya sang ibu ketika melahirkan.

Banyak wanita yang ketakutan dan khawatir saat hamil karena ia sudah membayangkan betapa sakitnya melahirkan. Ditambah pula dengan banyaknya pengalaman dari berbagai teman dan keluarga yang sudah menjalani proses persalinan normal. Tak hanya itu saja, faktor tontonan TV yang membuat ibu hamil merasa trauma untuk melahirkan.

Maka tak jarang banyak ibu hamil yang memutuskan untuk menjalani proses persalinan dengan Caesar. Sebenarnya sakit atau tidaknya saat persalinan sendiri tergantung dari bagaimana ibu memahaminya. Ada beberapa tips melahirkan tanpa rasa sakit yang bisa membantu ibu melahirkan dengan lancar, seperti berikut ini :

1. Berdoa dengan sungguh-sungguh

Sebagai seorang muslimah atau umat beragama, tentu kita memiliki keyakinan kepada Allah Swt. Dengan demikian, agar persalinan berjalan lancar dan baik maka Anda harus tetap berdoa dengan sungguh-sungguh. Bagaimanapun Tuhan YME-lah yang memberikan ketentuan sebagai Sang Pencipta sekaligus Penguasa alam semesta.

2. Percaya diri dan optimis

Untuk meringankan rasa sakit saat proses persalinan tiba, tanamkan rasa optimis dan percaya diri bahwa Anda bisa melahirkan dengan lancar dan selamat. Dengan menanamkan rasa percaya diri dan rasa optimis dalam diri maka Anda juga akan merasa lebih tenang dan lebih siap menjalankan proses persalinan dengan normal. Ya, menumbuhkan rasa optimis serta percaya diri pada ibu hamil bisa berdampak positif bagi calon ibu.

3. Berjalan santai

Melakukan banyak kegiatan positif sendiri bisa membantu memperlancar proses persalinan, salah satunya adalah dengan berjalan-jalan santai. Biasanya ketika ibu sudah mengalami kontraksi di awal, maka dokter akan menganjurkan ibu hamil melakukan aktivitas berjalan santai di ruang persalinan ataupun di sekitar rumah sakit tempat Anda melakukan persalinan.

4. Jauhkan stres dan tegang

Hindari stres dan tegang yang justru membuat proses persalinan akan lebih lama. Karena otot-otot pada rahim lebih kaku ketika pikiran terganggu. Untuk menghindarinya, Anda bisa melakukan aktivitas yang Anda sukai untuk membuat pikiran lebih relaks dan tenang. Dengan begitu bagian otot perut, paha dan pinggul menjadi tidak kaku dan lebih elastis. Hal inilah yang bisa membantu proses persalinan akan berjalan lancar.

5. Motivasi dan dukungan orang terdekat

Dukungan orang-orang terdekat merupakan motivasi terbesar bagi Ibu hamil, Dengan adanya dukungan dari suami, orang tua dan orang-orang terdekat lainnya akan memberikan respons positif bagi psikologis ibu hamil. Hal ini juga membuat ibu hamil lebih tergugah dan lebih siap melakukan proses persalinan.

Nah, itulah 5 tips melahirkan tanpa rasa sakit yang wajib bunda lakukan agar proses persalinan berjalan lancar.

This article has 4 comments

  1. Saya mau bertanya ! Usia kehamilan saya 37 minggu lebih 5 hari tpi sering ngilu bagian ke wanitaan ? Apakah pertanda seperti itu . Terimakasih .

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *