6 Makanan Pelancar Asi Bayi Selain Katuk Saat Ibu Hamil Sebelum Melahirkan Alami


6 Makanan pelancar asi bayi selain katuk saat sejak selama ibu hamil sebelum pasca melahirkan alami yang bagus paling manjur herbal tradisional ampuh teh bunda
Makanan Pelancar ASI Ini Terbukti Efektif, Coba Yuk

ASI merupakan makanan yang paling baik bagi bayi. Tentu Anda setuju dengan hal tersebut bukan? Dapat memberikan makanan yang terbaik bagi si buah hati pasti jadi dambaan setiap ibu di dunia ini. Karenanya, tak sedikit para Ibu yang rela berjuang untuk dapat memberikan ASI secara eksklusif pada bayinya.

Sayangnya, ada kalanya ASI yang dihasilkan tidak dapat mencukupi kebutuhan si kecil. Mungkin saja kualitas atau kuantitasnya yang kurang. Memang, tak sedikit para ibu yang mengalami produksi ASI tidak lancar.

Jika Anda juga mengalaminya, Anda butuh usaha ekstra untuk membuat ASI Anda berproduksi lebih lancar. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan misalnya dengan memberikan rangsangan dari luar dan dari dalam.

Rangsangan dari luar misalnya dengan rajin menyusui, serta melakukan pijat dan kompres payudara. Selain itu, Anda pun bisa mengkonsumsi aneka makanan pelancar ASI untuk mendukung dari dalam tubuh.

Ada berbagai makanan yang terbukti efektif untuk melancarkan produksi ASI seorang ibu. Beberapa ini adalah daftar aneka makanan pelancar ASI yang mungkin dapat Anda coba.

1. Air

Ya, air bukanlah makanan. Tapi, penting bagi Anda untuk mengetahui bahwa air juga merupakan hal yang sangat penting untuk dikonsumsi karena cukup efektif dalam mempengaruhi kelancaran produksi ASI.

Air, terutama air putih harus Anda konsumsi secara cukup semenjak masa kehamilan. Hal ini akan sangat mempengaruhi pasokan ASI yang cukup. Peneltiain yang dilakukan di Amerika menunjukkan bahwa 75% orang Amerika mengalami dehidrasi kronis.

Jika hal ini terjadi pada ibu hamil dan menyusui, maka dampaknya akan sangat buruk. Seorang ibu hamil dan menyusui harus terhidrasi sekitar 8 gelas (64 ons) cairan setiap hari. Dan hal ini adalah hal yang mutlak.

2. Bawang putih

Bawang putih dipercaya mampu membantu meningkatkan pasokan ASI seorang ibu. Selama berabad – abad lamanya, ASI telah digunakan oleh para ibu untuk memperlancar ASI nya.

Bawang putih ini bisa dimakan langsung tanpa dimasak. Tapi, tentu saja rasanya memang sedikit aneh. Bagi Anda yang tidak suka rasa dan bau menyengat bawang putih, kini sudah ada pil bawang putih yang dijual secara komersial yang bisa Anda konsumsi.

3. Oatmeal

Oatmeal mempunyai kandungan yang sangat baik dalam membangun dan memelihara pasokan ASI Anda. Selain itu, oatmeal juga sekaligus dapat membantu untuk menurunkan kolesterol dalam darah. Regulasi tekanan darah Anda pun juga dapat lebih lancar dengan mengkonsumsi oatmeal.

4. Wortel

Wortel adalah makanan yang sangat kaya akan betakaroten. Betakarotin inilah yang merupakan zat yang baik untuk ibu menyusui karena dapat memperlancar produksi ASI. Selain itu, wortel juga merupakan sumber karbohidrat yang sehat.

Kandungan kalium dalam wortel juga baik untuk tubuh. Karenanya, seorang ibu menyusui akan sangat baik bila menikmati camilan wortel. Selain memperlancar ASI, wortel juga membantu ibu menurunkan berat badan.

5. Adas

Adas adalah sayuran yang dipercaya efektif dalam meningkatkan produksi ASI. Di dalam adas, terdapat kandungan fitoestrogen yang tinggi dan sehat. Selain dapt meningkatkan produksi ASI, adas juga bisa membantu mengatasi mual dan melancarkan pencernaan.

Untuk menikmati adas, bisa dimakan mentah sebagai salad. Jika ingin dimasak, adas juga bisa ditumis atau direbus serta dicampurkan dalam berbagai sajian.

6. Kacang

Meskipun sepertinya hanya makanan ringan, tapi kacang cukup efektif untuk membantu meningkatkan pasokan ASI. Anda bisa memilih kacang mete dan kacang almond. Kedua jenis kacang ini cukup aman dikonsumsi karena tinggi lemak baik dan antioksidan.

This article has 1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *