Apa Manfaat Pemberian Asi Bagi Ibu Dan Bayi Yang Baru Lahir Laki Laki / Prematur


Apa manfaat pemberian asi bagi ibu dan bayi yang baru lahir laki laki / prematur. Untuk suami orang dewasa eksklusif 6 bulan booster tea ibunya keluarga dan negara pdf
Kenali Manfaat ASI bagi Si Buah Hati

Anda tentu sering mendengar bahwa ASI adalah makanan terbaik bagi bayi bukan? ASI memang mengandung gizi yang sangat lengkap dan baik bagi si kecil. ASI menjadi makanan yang paling tepat bagi sistem pencernaan bayi yang umumnya masih belum sempurna.

Karenanya, penting bagi Anda para ibu untuk memberikan ASI pada buah hati Anda. Meski pentingnya ASI bagi bayi sudah gencar dikampanyekan, tapi masih ada juga para ibu yang enggan menyusui bayinya dengan ASI dan memilih susu botol.

Alasannya bisa macam-macam. Mulai dari kesibukan bekerja, gangguan emosional, rasa malu bila menyusui ketika di depan umum, atau hanya karena sekedar malas. Bahkan ada juga yang khawatir kalau ASI yang ia hasilkan tidak akan lebih baik ketimbang susu formula yang diracik oleh para ahli.

Karena konsumsi makanan si ibu yang dianggap kurang gizi seimbang, atau karena si ibu memang gemar makan makanan sembarangannya, maka ia merasa bahwa ASI yang dihasilkan tidak akan baik. Padahal, apa pun makanan Anda, ASI yang dihasilkan tetap adalah yang terbaik bagi bayi Anda.

Bahkan, World Health Organization atau organisasi kesehatan dunia serta UNICEF pun merekomendasikan ASI eksklusif untuk bayi selama enam bulan. Kemudian, ASI ini dapat dikombinasikan dengan makanan padat pada usia bayi 12 hingga 24 bulan atau selama ibu dan bayi menginginkanya.

ASI yang diterima bayi inilah yang akan sangat bermanfaat. Bahkan, bila pun Anda hanya Menyusui beberapa hari saja, bayi Anda sudah bisa mendapat manfaat besar. Apalagi, bila pemberian ASI diberikan secara eksklusif hingga enam bulan, dan terus diberikan bersama makanan pendamping hingga 24 bulan.

Manfaat ASI bagi bayi Anda

Tumbuh kembang bayi sejak lahir akan dipengaruhi oleh pemberian ASI. Dalam beberapa hari pertama, ASI yang Anda berikan mengandung kolostrum yang bermanfaat menyediakan antibodi dan sumber makanan bagi tubuh barunya. ASI membuat sistem pencernaan bayi berjalan lebih baik dan lancar.

Kemudian, manfaat ASI pada usia bayi 4 hingga 6 minggu, dapat membuat bayi terhindar dari aneka penyakit. Daya tahan tubuh si kecil akan lebih kuat. Bayi yang tidak mendapat ASI pada usia ini relatif lebih rentan terhadap penyakit dari pada yang tidak menkonsumsinya.

Kemudian, pada usia bayi 3 hingga 4 bulan, ASI pada bayi akan membantu mempersiapkan sistem penyempurnaannya agar lebih sempurna. ASI akan membuat sistem pencernaan bayi menjadi lebih mampu dalam mentolerir zat asing yang mungkin masuk di dalam tubuhnya.

Setidaknya, sampai usia bayi 4 bulan, akan lebih baik jika bayi hanya diberikan ASI saja tanpa makanan atau minuman lain. Tidak memberikan apapun selain ASI selama 4 bulan pertama dapat melindungi bayi terhadap alergi serta memberi perlindungan terhadap infeksi telinga selama satu tahun.

Jika ASI diberikan pada bayi secara eksklusif hingga enam bulan pertama, maka ASI akan membantu memastikan kesehatan yang baik bagi bayi sepanjang tahun pertamanya. ASI eksklusif enam bulan bermanfaat untuk menghindarkan bayi dari resiko infeksi telinga dan kanker.

Setelah bayi usia empat bulan atau enam bulan, para ibu umumnya sudah memberikan makanan pendamping. Tapi, ASI tetap diberikan sebagai makanan utama. Manfaat ASI pada bayi hingga usia 9 bulan adalah untuk memaksimalkan perkembangan otak dan tubuh bagi bayi.

Berikutnya, ASI yang diberikan pada bayi hingga usianya dua tahun dapat membuat bayi mendapatkan sistem kekebalan tubuh yang kuat. Bahkan, manfaatnya bisa dirasakan hingga sepanjang hidup Anda Anda karena pembentukan sistem kekebalan tubuhnya sudah sempurna semenjak ia kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *