Asi Eksklusif 6 Bulan Adalah? Serta 7 Manfaat Pentingnya Untuk Ibu Bekerja


Asi eksklusif 6 bulan adalah? 7 manfaat pentingnya untuk ibu bekerja. Menurut who digugat ppt pdf berapa lama depkes mengapa alasan kenapa harus pada makalah artikel7 Manfaat ASI Ekslusif bagi Bayi dan Bunda

Buat Anda seorang Ibu, Anda tentu sudah sangat akrab dengan ASI atau Air Susu Ibu. ASI merupakan makanan utama bagi bayi dan merupakna sumber nutrisi yang terbaik. ASI mengandung komposisi yang terbaik yang mampu menunjang tumbuh kembang bayi.

Di dalam ASI, terdapat kandungan antibodi alami. Kandungan inilah yang membantu mencegah terjadinya infeksi dan gangguan kesehatan pada bayi. Jadi, ASI memegang peranan penting dalam mendukung pertumbuhan, kesehatan, imunitas dan perkembangan bayi.

Apa yang dimaksud dengan ASI ekslusif?

Begitu pentingnya ASI bagi bayi, maka seorang Ibu perlu untuk memberikan ASI pada bayinya secara eksklusif. Pemberian ASI secara eksklusif artinya, bayi hanya diberikan ASI saja tanpa tambahan makanan lain.

ASI eksklusif sebaiknya diberikan selama enam bulan pertama, atau mulai usia 0 hingga 6 bulan. Jadi, hingga usia bayi enam bulan, bayi tidak perlu diberi tambahan cairan selain ASI, seperti susu formula, air teh, air putih, madu atau makanan padat.

Pemberian ASI secara ekslusif yang dianjurkan pada dasarnya adalah hingga usia bayi 4 bulan. Akan tetapi, akan lebih baik bila ASI secara ekslusif diberikan hingga usia bayi 6 bulan.

Setelah usia bayi enam bulan, maka bayi dapat diberikan pendamping makanan selain ASI. Sementara bayi telah mulai dikenalkan dengan makanan pendamping lainnya, Anda tetap harus memberikan bayi Anda ASI. Akan lebih baik bila ASI masih tetap diberikan pada bayi hingga usia 2 tahun.

Apa manfaat dari pemberian ASI secara ekslusif pada bayi?

ASI yang diberikan secara ekslusif pada bayi mempunyai manfaat yang begitu banyak. Salah satunya, adalah sebagai cara mencegah kematian anak. Survei yang dilakukan telah menunjukkan bahwa ASI efektif untuk mengurangi risiko kematian pada anak.

Selain itu, beberapa manfaat penting dari pemberian ASI secara eksklusif untuk bayi adalah :

1. ASI adalah makanan terbaik yang paling cocok dengan sistem pencernaan bayi. ASI dapat mudah dicerna oleh pencernaan bayi yang umumnya masih belum sempurna. Pencernaan bayi baru mulai sempurna ketika usianya di atas enam bulan.

2. Kandungan lengkap pada ASI akan membantu menyempurnakan tumbuh kembang bayi. ASI juga dipercaya mampu membuat bayi lebih sehat dan juga cerdas.

3. ASI mengandung zat yang dapat menjadi antibodi alami bagi tubuh bayi. Terutama, ASI akan menghindarkan bayi dari risiko aneka penyakit yang berhubungan dengan infeksi.

4. ASI yang diberikan pada bayi secara langsung akan selalu berada pada suhu yang tepat. Maka dari itu, bayi akan bisa menikmatinya lebih nyaman karena tidak suhunya yang tidak akan terlalu panas atau dingin.

5. Komposisi dan volume ASI yang diproduksi dalam menyesuaikan dengan sendirinya berdasarkan dengan kebutuhan bayi. Karenanya, Anda tak perlu khawatir karena produksi ASI tidak akan berkurang sampai 6 bulan.

6. Sistem pencernaan bayi sampai dengan usia 6 bulan sangat tepat dengan ASI. Tanpa perlu makanan atau cairan tambahan, kondisi bayi dan sistem pencernaannya akan tetap sehat.

7. Ketika bayi telah diberikan makanan atau minuman selain ASI, maka frekuensi bayi menyusu akan terganggu. Maka, upayakan untuk hanya memberikan ASI hingga usianya enam bulan.

Manfaat pemberian ASI secara Ekslusif bagi bayi memang sangat besar. Selain bagi bayi, ASI ekslusif juga baik bagi ibu. Hal ini akan membantu ibu untuk mempercepat proses recovery pasca persalinan.

Pengecilan rahim ke ukuran semula juga akan berlangsung lebih cepat dengan pemberian ASI secara eksklusif. Artinya, tubuh Anda bisa kembali ramping secara alami dengan lebih cepat.

Pemulihan kesehatan ibu juga akan semakin cepat. Selain itu, pemberian ASI secara ekslusif pada bayi, juga akan mengurangi risiko kanker payudara dan juga kanker ovarium pada ibu. Hal ini telah dibuktikan dari banyak penelitian yang dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *