Bolehkah Ibu Hamil Minum Es Setiap Hari? Ini Jawabnya!


Bolehkah ibu hamil minum es jeruk kelapa muda cincau tiap hari sirup batu krim tebu buah air nipis bumil 4 bulan hijau hitam cappucino setiap rasa durian makan cokelat magnum walls cream mie instan yakult pedasBolehkah ibu hamil minum es? Air es merupakan minuman yang sangat menyegarkan dan bisa meredakan dahaga saat cuaca sedang panas. Selain meredakan dahaga, dengan meminum air es membuat kita merasa lebih segar dan bersemangat. Namun, bagaimana jika ibu hamil mengkonsumsi air es?

Banyak yang percaya bahwa jika ibu hamil mengkonsumsi air es maka akan membuat janin di dalam kandungan menjadi lebih besar. Padahal sebenarnya, besarnya janin di dalam kandungan tidak dipengaruhi oleh konsumsi es pada ibu hamil.

Di samping itu semua, perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan dapat meningkatkan suhu tubuh ibu. Maka tak heran jika ibu hamil seringkali menginginkan konsumsi air es untuk meredakan rasa panas yang ditimbulkan dari dalam tubuh.

Akan tetapi, terkadang kepercayaan di masyarakat sendiri membuat ibu hamil menjadi ragu untuk minum air es karena mereka takut jika bayi dalam kandungannya akan menjadi lebih besar sehingga bisa menghambat proses kelahiran. Lalu, benarkah anggapan bahwa ibu hamil minum es bisa menyebabkan bayi berukuran besar? tentu saja tidak.

Ibu hamil boleh saja minum air es saat benar-benar ingin meminumnya terutama saat kondisi cuaca sedang panas. Hanya saja tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sering mengkonsumsinya.

Lalu, apa alasan ibu hamil jangan terlalu sering minum air es? Ya, sebenarnya dengan minum air es atau air dingin dapat memicu tubuh untuk membakar lebih banyak kalori atau lemak. Sehingga ketika mencerna air es tadi, suhu tubuh akan meningkat.

Hal inilah yang dapat menyebabkan ibu hamil merasa mudah lelah dan dapat menyebabkan kekurangan kalori di dalam tubuh. Selain itu, yang berbahaya bagi kehamilan itu sendiri bukan terdapat dari esnya, melainkan jenis minuman air dingin atau air es tersebut dengan kandungan gula yang tinggi dan lain sebagainya.

Seperti kita ketahui, di masyarakat Indonesia sendiri banyak dijual berbagai macam produk es, seperti es krim, es sirup, es doger dan sebagainya. Kandungan gula sintesis atau glukosa yang terdapat dalam minuman air es tersebutlah yang bisa memicu bayi berukuran lebih besar dalam kandungan.

Hal ini dikarenakan ketika Anda mengkonsumsi glukosa dalam air es yang begitu banyak maka tubuh akan mendapatkan asupan kalori atau lemak yang lebih banyak. Hal inilah yang bisa memicu tingginya kadar gula dalam darah ibu hamil serta membuat bayi menjadi lebih besar di dalam kandungan.

Tak hanya itu saja, ibu hamil juga akan beresiko terkena diabetes jika mengkonsumsi terlalu banyak es sirup atau minuman air es yang manis. Maka dari itu, Anda juga harus mulai meningkatkan pola pikir Anda jangan terlalu terbawa oleh mitos yang ada dalam masyarakat.

Lalu, bolehkah ibu hamil minum es krim? Nah, es krim juga termasuk salah satu minuman sejenis air es atau air dingin. Pada umumnya, larangan terhadap es krim dengan minuman es lainnya sama saja yaitu karena kandungan glukosa tinggi di dalamnya.

Meskipun begitu, es krim sangat baik dikonsumsi karena kandungan kalsium yang terdapat di dalamnya yang baik untuk pertumbuhan gigi dan tulang janin dalam kandungan. Akan tetapi, mengkonsumsi es krim juga harus dibatasi karena selain kandungan glukosa di dalamnya Anda juga harus mewaspadai adanya bakteri patogen yang terdapat di dalamnya.

Ya, dari penjelasan mengenai bolehkah ibu hamil minum es di atas maka Anda bisa menyimpulkannya sendiri, dimana es memang tidak berbahaya bagi tubuh maupun janin di dalamnya selagi dikonsumsi dengan wajar dan tidak berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *