7 Cara Mengatasi Kaki Bengkak Setelah Melahirkan, Bahayakah Normalkah?


Kaki bengkak setelah melahirkan sesar normal Caesar operasi berbahayakah kenapa apa obatnya pada saat ibu hamil dan sakit gatal sebelum sebelah masih msh tangan wajah bengkak penyebab cara tips megatasi mengapa berbahaya menyembuhkan apa di berapa lama Sesar saar

Karena Apa Penyebabnya Bagian Tubuh Tersebut Bisa Begitu? Ini Tips Mengatasi-nya

Kaki bengkak setelah melahirkan memang begitu mengganggu. Kaki yang bengkak saat kehamilan merupakan hal umum yang terjadi pada ibu hamil. Kaki yg bengkak ini sendiri dinamakan dengan peripheral edema. Timbulnya kaki yang bengkak bisa membuat ibu merasa tidak nyaman, bahkan tak jarang membuat ibu merasa trauma pasca melahirkan.

Sebenarnya masalah kaki bengkak pasca melahirkan ini sendiri bukanlah masalah yang serius. Kaki bengkak setelah melahirkan sendiri biasanya disebabkan akibat peningkatan volume dan jumlah darah saat kehamilan sang ibu kemudian didistribusikan beberapa Minggu setelah melahirkan.

Kaki bengkak pasca persalinan bisa juga disebabkan akibat terhambatnya sirkulasi darah yang terjadi di area kaki. Pembengkakan kaki setelah melahirkan juga bisa terjadi apabila ibu mempunyai riwayat hipertensi saat menjelang persalinan. Adapun bagi bunda yang mengalami pembengkakan di area kaki, ada beberapa tips mengatasi kaki bengkak pasca melahirkan sebagai berikut :

1. Peregangan kaki

Tahap pertama untuk mengatasi pembengkakan pada area kaki adalah dengan melakukan peregangan kaki. Untuk melakukannya adalah dengan cara berdiri beberapa waktu lalu berjalan kaki kecil di area halaman rumah.

Dengan melakukan peregangan kaki ini, maka sirkulasi darah pada area kaki sendiri lebih lancar. Hal ini juga bisa mencegah dampak yang terjadi akibat pembengkakan di kaki. Hindari duduk terlalu lama atau kurangnya beraktivitas karena bisa membuat pembengkakan semakin parah.

2. Posisi kaki ditinggikan

Ketika otot kaki mulai terasa sangat kencang, ketika sedang tidur ataupun sedang duduk, maka Anda sebaiknya memposisikan kaki Anda lebih tinggi dengan cara meletakkan ganjalan di kaki Anda. Adapun cara ini berfungsi agar jumlah penumpukan cairan pada kaki bisa lebih berkurang. Sehingga meringankan gejala pembengkakan pada kaki yang membuat Anda merasa tidak percaya diri.

3. Hindari mengkonsumsi garam secara berlebihan

Mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan garam tinggi atau makanan asin justru bisa memicu timbunan cairan yang terdapat pada kaki menjadi lebih banyak. Untuk itu, Anda harus menghindari segala macam makanan asin atau mengurangi kandungan garam pada makanan yang dikonsumsi agar mempercepat penyembuhan.

4. Hindari menyilangkan kaki

Menyilangkan kaki atau bersila justru bisa membuat pembengkakan di area kaki menjadi lebih parah. Untuk itu, ketika Anda duduk jangan memposisikan kaki Anda dengan menyilangkan kaki atau bersila. Karena bisa menghambat sirkulasi darah yang terdapat di area kaki Anda. Maka membuat pembengkakan pada kaki menjadi lebih parah. Sebaiknya duduklah dengan kaki diluruskan.

5. Rendaman air garam

Bagi Anda yang merasa risih dengan kondisi kaki bengkak setelah melahirkan, maka Anda bisa memulihkan kondisi kaki Anda dengan cara merendam kaki bunda memakai larutan air garam. Larutan garam ini memiliki kandungan zat antiinflasmasi untuk mengurangi pembengkakan di area kaki. Maka dari itu, sebaiknya lakukan perendaman kaki dengan larutan garam hangat saat Anda bangun tidur dan beranjak untuk tidur.

6. Hindari menahan buang air kecil

Untuk meminimalisir pembengkakan pada kaki sebaiknya hindari menahan buang air kecil. Karena pembengkakan sendiri bisa diakibatkan kurangnya metabolisme tubuh. Untuk melancarkan metabolisme tubuh ini, maka Anda harus membantu tubuh membuang zat-zat sisa metabolisme melalui urine.

7. Oleskan ramuan alami

Bunda juga bisa mengatasi pembengkakan di area kaki dengan mengoleskan campuran ramuan, seperti garam, asam dan beras kencur yang telah dihaluskan. Lakukan cara ini dengan teratur sampai pembengkakan pada kaki mulai mengecil.

Dengan cara mengatasi kaki bengkak setelah melahirkan di atas, maka perlahan kaki bengkak Anda akan mulai mengecil dan normal seperti biasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *