7 Ciri Ciri Mau Melahirkan Normal, Sudah Dekat 2 Minggu Lagi? Bayi Anak Laki-Laki atau Perempuan


Ciri mau melahirkan normal sudah dekat anak laki bayi kedua perempuan 2 minggu lagi ke 7 bulan mendekati kontraksi kucing hamster kelinci orang kambing mules persia wanita yang bumil video bagaimana apa akan ibu hari kelahiran akan premature ketiga kembar 3 ketiga pertama gejala

Tanda Ingin Melahirkan Bayi Perempuan Atau Anak Laki Laki Pertama Kedua Ketiga

Banyak wanita yang belum berpengalaman bagaimana proses persalinan, menanyakan ciri ciri mau melahirkan. Tanda awal saat persalinan perlu diketahui, agar bunda bisa lebih siap menghadapi persalinan. Selain itu, tanda-tanda persalinan wajib diwaspadai agar bunda segera mendapatkan penanganan yang tepat dari dokter yang bersangkutan.

Namun, tak jarang juga bunda merasakan gelisah, takut dan stres menghadapi persalinan terutama pada calon ibu baru. Rasa gelisah memang sangat wajar dialami ibu hamil, tetapi bunda wajib meminimalisir rasa takut dan gelisah karena bisa mempengaruhi lama atau tidaknya proses persalinan berlangsung.

Biasanya setiap ibu hamil, pasti mengalami kontraksi saat persalinan tiba. Bunda yang sebentar lagi melahirkan, umumnya mengalami sensasi kontraksi dalam waktu tertentu. Kontraksi pertama yang dialami bunda sama seperti kram perut ketika Anda sedang menstruasi.

Kontraksi berlangsung hingga 30 sampai 60 detik pada interval antara 5-20 menit dalam sekali. Walaupun begitu, setiap wanita hamil mengalami interval waktu yang berbeda-beda satu sama lain. Dalam proses kontraksi ini sendiri, bagian mulut rahim mulai melebar dengan perlahan mulai dari 0-10 cm.

Ciri ciri mau melahirkan sendiri ternyata tak hanya diketahui dengan adanya kontraksi saja, melainkan juga beberapa tanda berikut di bawah ini :

1. Kram perut

Kram perut merupakan tanda-tanda kelahiran yang paling umum terjadi pada wanita yang hendak melahirkan. Timbulnya rasa nyeri di area perut ini akibat dorongan yang terjadi pada area rahim saat bayi hendak mencari jalan lahir. Bunda bisa mencoba mengatasinya dengan relaksasi air hangat.

2. Kontraksi nyata

Banyak orang yang masih bingung antara kontraksi nyata dan kontraksi palsu. Kontraksi palsu umumnya terjadi tidak sesering kontraksi nyata. Umumnya kontraksi yang terjadi bisa terjadi mulai dari 30 detik sampai 1 menit tiap jam nya.

Apabila Anda mengalami kontraksi hingga 2-6 kali selama beberapa waktu, dengan waktu kontraksi berlangsung hingga 2 jam, maka Anda harus segera mengunjungi dokter terdekat untuk proses persalinan. Anda bisa mengecek waktu kontraksi memakai stopwatch agar bisa menentukan durasi. Melalui pengecekan waktu kontraksi ini, Anda bisa memperkirakan kapan Anda harus berada di rumah sakit.

3. Turunnya kepala bayi

Tanda-tanda persalinan berikutnya adalah turunnya kepala bayi yang mulai dirasakan oleh ibu hamil. Tepatnya bunda akan merasakan bahwa bayi sudah berada di atas mulut rahim.

4. Timbulnya bercak

Bunda juga perlu mewaspadai jika bunda mengalami bercak-bercak pada celana dalam bunda. Umumnya bercak yang timbul berwarna cokelat kemerahan. Bercak atau flek merupakan tanda-tanda proses persalinan akan segera berlangsung.

5. Gangguan pada perut

Saat bunda akan segera melahirkan, maka bunda akan merasakan gangguan di perut bunda. Rasa yang tidak nyaman ini ditimbulkan akibat tubuh mulai mempersiapkan proses persalinan. Gangguan perut juga disebabkan adanya stimulasi hormon prostagladin pada perut agar perut sering mengalami pembukaan.

6. Terasa lebih ringan

Semakin dekat waktu kelahiran bayi bunda, maka berat beban pada perut akan semakin lebih ringan. Hal ini dikarenakan bayi sudah mulai turun serta menetap di area sekitar panggul. Dengan fasa ini maka bunda bisa lebih mudah bernafas dibandingkan sebelumnya.

7. Mengigil

Saat menjelang persalinan, ada beberapa wanita yang merasakan gemetaran atau menggigil badannya di tahap pertama persalinan. Tanda-tanda ini termasuk gejala umum saat wanita hamil mempersiapkan kehamilannya.

Nah, itulah ciri ciri mau melahirkan pada ibu hamil yang wajib diketahui sejak awal agar bisa ditangani secepatnya. Semoga bermanfaat!

This article has 27 comments

  1. Saya bunda yg sedang hamil besar perkiraan Dr.kandungan bayi lahir tgl 28 april,namun ada juga yg bilang pertengahan april.tapi barusan saya mengalami pengeluaran air dengan sendirinya,apa yang terjadi apakah ini pertanda dekatnya waktu kelahiran,dan apa kah ini berbahaya.??

    Reply
  2. saia sering merasa keram di perut hampir setiap hari padahal waktu melahirkan masih satu bulan lagi.
    mahon solusinya bu???

    Reply
  3. Ass. Dok sy mau tanya skrg sy hamil 8 bln, kata dokter berat badan baby udh kebesaran tgl 13 mei harus di lahirkan. Tapi menurut tgl perkiraan hpl tgl 27 mei. Apakah sy bs lahiran normal dok? Sebaik ny sy tungu wktu lahir atau saya majukan 8 bln 2 minggu tks.

    Reply
  4. Ass.. Bunda sya ingin bertanya sya Sdah lewat sehari dri tgl perkiraan tpi saya blum melahirkan.. Gmana tuh bunda?

    Reply
  5. Siang bun…saya mau tanya seharian ini saya sering baget buang air kecil belum ada 10 menit sudah pengen ke kamar mandi lagi..dan urin.ya itu warna kuning …apakah itu tanda tanda melahirkan bun..dan kira2 berapa hari lgi akan melahirkan ya bun ? Terima kasih

    Reply
  6. Oh y dok… jika mau punya anak ke 3 proses kandungan serba terasa… apa itu gejala normal dok? Mohon tipes y…!!! Trimakasih.

    Reply
  7. Mf dok saya mau tanya dah 2hri ini saya ngeflek kcoklatan usia kandungan saya 36W kira”itu prtanda apa ya mohon pnjelasan nya?

    Reply
  8. SIAng bun mau tanya ,saya kan lg hamil besae perkirann melhrkan bln juni skrng cmn yg saya rasakan saat ini ngilu bagian bawah dan suka pegell pinggang ..
    Apa ini tanda mo lahir apa blom bun?

    Reply
  9. Ass. . .bunda sya ingin brtnya slama 3hari prut trasa sakit bnget kyk lgi menstruasi,bdan lemes,N tiap mlm gk isa tdur.
    Hpl saya tgl 28april.apkah nich brtanda sya dlm dkat” nich akn mlhirkan

    Reply
  10. Usia kandungan saya dah 36 minggu…kata dokter perkiraan 1minggu lg proses melahirkan…beberapa hari ini perut terasa keras bgt sama sakit di bagian bawah perut….apa itu tanda tanda ingin melahirkan dok terima kasih

    Reply
  11. Kalo seandainya perkiraan lahir sudah 2 minggu lagi,sudah mengalami nyeri di perut dan sakit di bagian pinggang seperti di tarik tapi kemudian beberapa hari tidak mengalami lagi,apakah itu normal?

    Reply
  12. sore ,saya ini mau melahirkan anak pertama,yang sering dialami istri saya adalah nyeri perut,,nyeri pinggul sering buang air kecil,tpi ini sudah berjalan 2 minggu..itu gmna dok,,mohon solusinya

    Reply
  13. kenapah yah ko saya sering ngeluarin cairan putih dari vagina, dan kalo si bayi gerak sering sakit di bagian vagina, padahal usia kandungan saya baru 8 bulan tapi udah ngeluarin cairan putih terus . kenapah yah??

    Reply
  14. siang dok,perkiraan bidan sya lhiran 12 julli skrang,,tp smpai skrang sya blom ad tanda” akan mlahirkan,, mnurut dkter sya mesti gmna ya ??

    Reply
  15. saya sdng hamil kata dokter lahiran nya tgl 27 juli ..tp ko udh add lendir putih yg tiap hari keluar .

    Reply
  16. kalo rasanya mules seperti org pengen buang air besar..tp pas k wc gag keluar itu tandanya pengem lahirin ap tdk ?

    Reply
  17. Ass…sya skarang lg hamil usia ny 39 minggu..kta bidan HPL ny tgl 17 kemarin..tapi kalo hasil USG ktanya HPL ny tgl 24 nanti..kalo misl nya tgl 24 msh blum ada kontraksi apa yg harus saya lakukan ??

    Reply
  18. Bun saya mau tanya. Saya kan lgi hamill kalo di kemaluan terasa gatall trus perutt kalo malem sering sakitt ituh tanda” apa y bun bagi solusi dong bun

    Reply
  19. Dok. Z lagi hamil taksiran melahirkan tnggl 16 bulan 10. Skrng sering buang air kecil dan Stiap buang air banyak banget yg keluar.. Apa itu tanda sya akn melahirkan,??

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *