Keluhan Ibu Hamil Yang Sering di Rasakan dan 5 Cara Mengatasinya Menjelang Trimester 1 2 3 4 6 7 8 9 Bulan


Keluhan ibu hamil trimester 2 3 4 5 6 7 8 9 bulan muda dan pada solusinya cara mengatasinya pdf artikel wanita utama umum penanganannya makalah di yang dialami fisiologis dirasakan keatas bln usia umur saja kandungan saat memasuki sering jalan lebih keluhan ke menjelang pertama

Keluhan ibu hamil merupakan salah satu gangguan yang terjadi pada wanita hamil. Masa-masa kehamilan merupakan masa yang sangat bersejarah disepanjang hidup setiap wanita. Karena pada masa ini, ada sebuah kehidupan baru yang tumbuh di dalam rahim Anda.

Selain itu, selama masa pertumbuhan janin dalam kandungan maka rahim dan tubuh calon ibu pun mulai beradaptasi dengan perubahan otot-otot panggul, hingga berkembangnya rahim.

Maka tak heran, ibu hamil sangat rentan sekali terhadap berbagai macam keluhan selama kehamilan. Namun, Anda tak perlu khawatir meskipun keluhan tersebut begitu mengganggu kenyamanan tetapi Anda masih bisa mengatasinya dengan baik.

Ada beberapa macam keluhan ibu hamil yang kerapkali terjadi selama kehamilan adalah sebagai berikut ini :

1. Kelelahan

Kelelahan ini terjadi selama kehamilan karena proses pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungan sendiri membutuhkan banyak energi dan menguras semua energi ibu selama kehamilan. Untuk menyiasatinya, bunda harus rutin beristirahat dengan cukup agar bunda tidak terjatuh sakit dan mudah untuk terkena berbagai macam penyakit.

Selain itu, untuk meminimalisir kelelahan yang terjadi sebaiknya kerjakan aktivitas yang sesuai dengan kemampuan Anda saja. Hindari pekerjaan yang terlalu berat ataupun olahraga berat. Sebaiknya lakukan olahraga ringan saja sesuai dengan olahraga yang Anda sukai.

2. Produksi ludah berlebih

Saat kehamilan biasanya menyebabkan keluhan ibu hamil seperti produksi ludah berlebih. Produksi ludah yang berlebih inilah yang membuat Anda merasa tidak nyaman. Umumnya keluhan ini akan berakhir setelah melewati trimester pertama kehamilan. Adapun solusi untuk keluhan ini adalah dengan cara berkumur menggunakan obat kumur mentol, dan juga bersiwak.

3. Adanya tekanan di bagian bawah perut

Keluhan yang kerapkali terjadi pada ibu hamil berikutnya adalah timbulnya tekanan di area bagian bawah perut. Keluhan ini tidak akan berbahaya selama tidak menimbulkan pendarahan, rasa nyeri serta gejala-gejala lainnya yang berhubungan dengan keguguran.

Adapu gejala adanya tekanan ini ditimbulkan akibat terjadinya penanaman bakal janin atau embrio pada dinding rahim, selain itu proses penebalan lapisan bagian dinding rahim, hingga membesarnya rahim.

Adapun solusi untuk keluhan ini adalah dengan terus berkonsultasi dengan dokter apabila gangguan ini semakin bertambah parah, usahakan untuk memakai baju yang nyaman digunakan, serta gunakan celana dalam dengan ukuran agak besar.

4. Kram kaki

Salah satu gangguan yang kerapkali terjadi pada ibu hamil adalah kram di kaki. Gangguan ini tentunya sangat membuat ibu tidak nyaman, Jika Anda mengalami kram di kaki sebaiknya luruskan kaki Anda yang sakit, lalu tekuk bagian ujung dari jari kaki Anda, kemudian tarik hingga menuju arah tubuh.

Selain itu, hindari duduk terlalu lama ada baiknya jika Anda berjalan-jalan sebentar untuk menghindari terjadinya kram di kaki tersebut. Selain itu, perbanyak mengkonsumsi makanan dengan kandungan kalsium yang cukup tinggi seperti olahan susu, susu, sarden ataupun ikan salmon.

5. Mengalami gangguan pencernaan

Keluhan pada ibu hamil berikutnya adalah seringnya mengalami gangguan sembelit atau gangguan pada sistem pencernaan. Gangguan sembelit ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat. Kandungan serat pada makanan bisa melancarkan sistem pencernaan serta mencegah terjadinya sembelit yang bisa membahayakan ibu hamil apabila mengejan terlalu kuat.

Itulah beberapa keluhan ibu hamil beserta solusinya untuk Anda semua. Memang, keluhan ini sangat mengganggu ibu hamil selama kehamilan. Namun jika Anda bisa mengatasinya, maka semua keluhan tidak akan menjadi masalah pada kehamilan Anda selama tidak berbahaya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *