Ini Dia 5 Manfaat dan 6 Tips Pijat Ibu Hamil Oleh Suami / Ayah


Pijat ibu hamil oleh suami di mom n jo bandung tangerang bekasi depok Jakarta selatan timur semarang ayah jogja solo refleksi payudara perut perineum harga paket and tempat tukang khusus untuk murah barat tambun daerahSaat hamil merupakan hal yang wajar jika Anda selalu merasa lelah, pegal-pegal, badan terasa tidak nyaman dan sebagainya. Hal ini dikarenakan proses kehamilan sendiri menyebabkan perubahan fisik dan mental pada ibu hamil. Sehingga berbagai macam keluhan saat kehamilan pun dirasakan oleh ibu hamil.

Namun, Anda tak usah khawatir karena kini ada layanan pijat ibu hamil atau pregnancy massage. Perawatan ini khusus untuk ibu hamil, agar segala keluhan yang dirasakan bisa lebih reda. Selain itu, pijatan saat hamil juga membuat Anda lebih rileks dan membantu tubuh untuk melancarkan peredaran darah.

Apakah ada batasan pijat ibu hamil? Tentu ada, orang yang melakukan pijatan terhadap ibu hamil tentunya harus orang yang ahli melakukannya. Karena pijatan pada ibu hamil tentunya berbeda dengan pijatan pada orang normal pada umumnya.

Sehingga melakukannya juga harus lebih hati-hati dan lebih mahir untuk mengetahui titik mana saja yang boleh dan tidak boleh dipijat. Ya, sebelum kita beralih pada tips pijat ibu hamil, ada beberapa manfaat pijatan pada ibu hamil yang wajib Anda ketahui seperti di bawah ini :

1. Menstabilkan hormon, perubahan hormon selama kehamilan bisa menyebabkan berbagai macam keluhan. Adapun jika bunda melakukan pijatan dengan benar, maka bunda akan terasa lebih bugar. Sehingga keluhan-keluhan selama kehamilan bisa diatasi.

2. Meminimalisir terjadinya stress, selama pijatan dilakukan dengan baik dan benar maka efek dari pijatan tersebut bisa memicu efek relaksasi selama kehamilan. Sehingga bunda lebih tenang menjalani proses kehamilan. Selain itu, efek pijatan bisa meminimalisir tingkat stress selama kehamilan.

3. Mengurangi stretchmark, guratan kehamilan atau lebih dikenal dengan nama stretchmark ini biasanya bisa membuat bunda merasa tidak nyaman. Namun, dengan melakukan pijatan bisa mengurangi timbulnya guratan kehamilan tersebut.

4. Mencegah pembengkakan, salah satu pemicu bengkak di area kaki selama kehamilan adalah terhambatnya peredaran darah tubuh. Dengan melakuakn pijatan, maka aliran darah ke seluruh tubuh lebih lancar sehingga bisa meminimalisir terjadinya pembengkakan pada kaki.

5. Tidur menjadi lebih nyenyak, efek relaksasi yang ditimbulkan setelah pijatan juga bisa membuat bunda tidur lebih nyenyak. Dengan tidur lebih nyenyak, membuat bunda merasa lebih bugar.

Manfaat pijat ibu hammil memang cukup berguna untuk mengurangi keluhan-keluhan selama kehamilan. Seperti melancarkan peredaran darah, serta memberikan efek relaksasi di area saraf dan urat. Sehingga membuat bunda lebih merasa nyaman dan lebih tenang menghadapi persalinan.

Namun, tentunya Anda bisa melakukan pijatan di area tubuh yang aman seperti bagian tangan, betis, leher dan juga punggung.

Di samping manfaatnya, ada beberapa tips melakukan pijatan pada ibu hamil seperti berikut ini :

a. Hindari memijat di bagian pinggang, perut dan pinggul. Karena jika bunda melakukan pijatan di area tersebut bisa memicu terjadinya kontraksi yang langsung berhubungan dengan janin.

b. Hindari pijat refleksi, pijat refleksi selama kehamilan juga bisa memicu terjadinya kontraksi rahim.

c. Hentikan segera pemijatan jika Anda merasaksan kontraksi pada rahim Adna.

d. Dalam melakukan pijatan, sebaiknya bunda lakukan pada usia kehamilan di atas 5 bulan. Karena kondisi kandungan di bawah 5 bulan masih rentan dan lemah.

e. Pemijatan harus dilakukan dengan posisi duduk ataupun telentang. Selain itu, Anda juga harus bisa memastikan bahwa kehamilan Anda tidak bermasalah.

f. Lakukan pemijatan dengan ahli pijat kandungan atau terapist ahli kandungan.

Ya, itulah beberapa manfaat dan tips pijat ibu hamil yang boleh dan tidak boleh dilakukan untuk meminimalisir bahaya atau resiko pada kehamilan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *