6 Tanda Melahirkan Normal Sudah Dekat Anak Pertama Kedua Ketiga Laki-Laki / Perempuan


Tanda tanda melahirkan sudah dekat normal anak kedua pertama premature sesar laki laki ketiga bayi perempuan mau akan seminggu sebelum dalam waktu kucing Caesar persalinan telah awal kelahiran hari proses pdf secara orang bisa tidak ingin hendak ibu peringatan mimpi contoh sungsang

Tanda tanda mau melahirkan sangat penting untuk dikenali sejak dini. Karena gagalnya persalinan bisa mengancam jiwa bayi yang dilahirkan dan ibu yang mengandung. Selain itu, setiap proses persalinan untuk tiap wanita sendiri bermacam-macam.

Persalinan atau melahirkan merupakan proses keluarnya bayi yang telah dikandung di usia kehamilan 9 bulan. Kelahiran merupakan momen yang paling membahagiakan sekaligus mendebarkan, karena proses kelahiran sendiri memakan banyak tenaga sang ibu. Meskipun begitu, kelahiran adalah masa-masa yang paling ditunggu kedua pasangan suami istri untuk menyambut kehadiran sang buah hati.

Mengetahui gejala awal persalinan sangat penting bagi bunda, agar bunda bisa melakukan berbagai macam persiapan untuk kelahiran si kecil nanti ke dunia. Nah, bagi bunda yang belum berpengalaman menjalani persalinan ini ada beberapa tanda tanda melahirkan yang perlu bunda ketahui sebagai berikut :

1. Timbul kram pada perut

Tanda kelahiran yang pertama adalah terjadinya rasa nyeri di area perut atau biasa disebut dengan kram perut. Dengan munculnya gejala-gejala ini membuat ibu akan merasa tidak nyaman. Nyeri yang dirasakan sebenarnya hampir sama dengan gejala menstruasi atau nyeri haid.

Hanya saja, menjelang proses persalinan ini timbul rasa nyeri yang lebih nikmat sehingga membuat bunda serba salah melakukan apapun. Jika bunda sudah merasa tidak nyaman di area perut ini, maka bunda bisa menyiasati dengan mandi air hangat. Melalui cara ini, maka tubuh pun akan terasa lebih rileks.

2. Timbul nyeri di punggung

Tanda persalinan berikutnya adalah rasa nyeri di area punggung yang terus menerus. Tanda-tanda yang satu ini termasuk gejala yang wajar dialami ibu hamil ketika mendekati masa-masa persalinan. Jadi, jika bunda mengalami rasa nyeri di area punggung ini maka tandanya persalinan bunda sudah semakin dekat apabila diiringi dengan gejala lainnya.

Baca Juga : Ini Dia Manfaat dan Tips Pijat Ibu Hamil

3. Timbulnya flek

Selain rasa nyeri di area punggung dan perut, ciri-ciri persalinan berikutnya adalah timbulnya plek di celana dalam atau dari vagina. Saat persalinan sudah dekat, maka produksi cairan lendir di vagina semakin meningkat. Dimana saat fase ini maka bagian mulut rahim mulai melunak. Nah, di masa-masa inilah bunda siap menghadapi persalinan yang semakin dekat.

4. Timbulnya kontraksi di area perut

Nah, tanda-tanda yang satu ini adalah tanda yang paling umum terjadi pada bunda yang hendak melahirkan. Kontraksi ini membuat bagian rahim akan mengencang dan mengendur untuk mempersiapkan kelahiran sang buah hati.

Kontraksi pada tiap wanita biasanya berbeda-beda, jika memang kelahiran sudah semakin dekat kontraksi akan terjadi selama berselang dengan jeda waktu beberapa menit saja. Kontraksi ini menimbulkan rasa nyeri yang begitu dahsyat. Semakin mendekati kelahiran kontraksi ini semakin sering.

Baca Juga : Jenis dan Manfaat Olahraga Untuk Ibu Hamil

5. Sering mengalami muntah

Pada sebagian wanita, tanda-tanda kelahiran disertai dengan gejala sering muntah yang persis dialami oleh wanita saat hamil muda. Dimana ibu hamil biasanya akan memuntahkan kembali makanan yang telah dimakannya. Gejala ini dipicu akibat perubahan hormon. Apalagi ditambah dengan perasaan gelisah yang dialami ibu hamil untuk menghadapi persalinan.

6. Area selangkangan terasa nyeri

Selain tanda-tanda di atas, bunda yang akan melahirkan juga mengalami rasa sakit di area selangkangan. Hal ini dikarenakan timbulnya tekanan yang disebabkan posisi kepala bayi yang telah turun ke bagian bawah tepatnya di area rangka pada tulang pelvis. Juga dikarenakan janin mulai menekan area kandung kemih bunda sehingga membuat bunda selalu ingin buang air kecil.

Di antara tanda tanda akan melahirkan di atas, gejala yang membutuhkan bantuan dokter untuk persalinan adalah ketika telah mengalami pecahnya air ketuban.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *