6 Manfaat Baik Buah Naga Untuk Ibu Hamil Muda / Tua dan Bagi Janin Bayi


Buah naga untuk ibu hamil muda tua dan janin 8 bulan mengandung putih bahaya ungu bolehkah manfaat merah putih baik bagus aman tidak kulit khasiat jus efek samping buat bagi semangka bayi budidaya mangga

Khasiat Buah Naga Buat Wabita Hamil Dalam Membantu Proses Kehamilan

Siapa yang tak kenal dengan buah naga? Buah yang relatif berwarna merah ini merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan nutrisi di dalamnya. Buah yang dalam bahasa Inggris ini dinamakan dragon fruit ini sangat berkhasiat bagi kesehatan, khususnya bagi ibu hamil.

Buah naga sendiri berasal dari Amerika Serikat, dan umumnya terdapat di daerah dataran rendah. Banyak penelitan yang menyebutkan bahwa buah naga memiliki banyak manfaat khususnya bagi ibu hamil. Adapun manfaat buah naga untuk ibu hamil yang perlu Anda tahu adalah sebagai berikut :

1. Sebagai sumber energi

Kandungan karbohidrat dalam buah naga sendiri cukup banyak, dimana dalam 100 gram kandungan buah naga maka ada sekitar 9-14 gram kandungan karbohidrat di dalamnya.

Di samping itu, ibu hamil membutuhkan 135 gram karbohidrat setiap hari sebagai kadar minimalnya. Karbohidrat inilah yang dijadikan sebagai sumber energi selama kehamilan untuk membantu tumbuh kembang bayi dalam kandungan.

2. Sebagai sumber asam folat

Berdasarkan penelitian, buah naga memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi. Asam folat inilah yang bermanfaat bagi ibu hamil untuk membantu membentuk sel darah merah dalam tubuh.

Pentingnya asam folat ini dikarenakan dapat membantu janin tumbuh dengan sempurna di dalam kandungan. Sementara itu, bagi ibu hamil yang kekurangan asam folat, maka biasanya akan menimbulkan cacat pada bayi terutama pada bagian saraf bayi.

3. Kandungan serat tinggi

Manfaat buah naga untuk ibu hamil berikutnya yaitu memiliki kandungan serat tinggi. Adapun kandungan serat tinggi ini sangat bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan tubuh.

Dengan kandungan serat juga membuat usus menjadi lebih sehat. Sehingga dengan mengkonsumsi buah naga secara teratur dan rutin setiap hari dapat membantu bunda mencegah terjadinya sembelit selama kehamilan.

4. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Manfaat lainnya yang bisa didapatkan ibu hamil jika sering mengkonsumsi buah naga adalah dapat menjaga sistem kekebalan tubuh ibu yang sedang hamil. Saat kehamilan merupakan saat-saat yang sangat rentan bagi ibu hamil, karena perkembangan dan pertumbuhan janin di dalamnya membutuhkan energi yang cukup banyak.

Sehingga bagi ibu yang kekurangan energi maupun nutrisi bisa mengakibatkan berbagai macam keluhan selama kehamilan. Nah, sebagai solusinya Anda bisa mengkonsumsi buah naga yang kaya akan kandungan potassium, kalsium, zat besi dan juga kalium untuk membantu ibu hamil menjaga ketahanan tubuh.

Sehingga bisa mencegah ibu hamil dari serangan berbagai macam penyakit. Sementara itu, kalsium pada buah naga juga berfungsi untuk membantu pembentungan tulang dan gigi pada janin di dalam kandungan.

5. Memiliki kandungan antioksidan

Kandungan antioksidan dalam buah naga juga jangan pernah diremehkan. Karena senyawa fitokimia yang berperan sebagai antioksidan ini juga sangat baik untuk membantu menyehatkan tubuh ibu selama kehamilan. Selain itu, antioksidan juga bermanfaat untuk menyehatkan kulit.

6. Membantu proses pertumbuhan bayi dalam kandungan

Buah naga mengandung vitamin B1 yang juga sangat baik untuk dikonsumsi selama kehamilan. Kandungan vitamin B1 ini dapat membantu pertumbuhan janin selama proses kehamilan, serta memudahkan tubuh untuk menyerap protein. Sementara itu, jika ibu hamil kekurangan vitamin B1 bisa memicu kelelahan pada ibu hamil.

Nah, itulah berbagai macam manfaat buah naga untuk ibu hamil yang dapat kita manfaatkan selama kehamilan demi pertumbuhan janin yang sempurna di dalam rahim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *