Makanan Pendamping Asi Pertama Untuk Bayi Usia 5 6 7 8 Bulan Keatas


Makanan pendamping asi untuk bayi usia 5 6 7 8 bulan keatas. Resep menu yang baik buat pada anak pertama kali diberikan bln pdf contoh jenis makan terbaik
Kenali Aneka Makanan Pendamping ASI untuk Bayi Anda

ASI memang merupakan makanan terbaik dan sumber gizi utama bagi bayi. Karenanya, pemberian ASI secara eksklusif memang sangat dianjurkan oleh ahli gizi mana pun di dunia ini. Bayi di bawah usia enam bulan akan dianjurkan untuk mendapatkan ASI secara ekslusif tanpa perlu tambahan makanan atau minuman apa pun selain ASI.

Kondisi sistem pencernaan bayi di usia kurang dari enam bulan memang masih belum sempurna sehingga cukup rentan bila terkena aneka makanan, minuman dan zat selain ASI. Menginjak usia bayi enam bulan, barulah bayi akan memerlukan tambahan makanan dan minuman lain selain ASI.

Di usia ini, Anda perlu mulai memperkenalkan bayi dengan aneka makanan. Tentu makanan yang harus diberikan pada bayi juga bukan makanan sembarangan. Makanan pada usia awal bayi ini biasa disebut seabgai makanan pendamping ASI atau yang sering disingkat sebagai MPASI.

MPASI merupakan makanan bayi kedua yang menyertai ASI. ASI tetap masih menjadi makanan utama bagi bayi. Meskipun MPASI dianjurkan untuk mulai dikenalkan pada bayi di atas usia enam bulan, namun ada kalanya seorang ibu terpaksa mulai memberikan makanan pendamping ASI di usia bayi yang belum genap enam bulan.

Ada berbagai kendala yang mungkin menyebabkannya. Misalnya saja, lantaran kesibukan ibu dalam bekerja atau karena produksi ASI yang kurang, baik dalam segi kualitas atau kuantitasnya. Masalah seperti inilah yang seringkali memaksa para ibu untuk lebih cepat memberikan MPASI pada bayinya.

Umumnya, para ibu memilih susu formula untuk diberikan pada bayi mereka. Sayangnya, susu formula memang belum ada yang mampu menandingi kualitas dari ASI. Komposisi di dalam susu formula tidak mampu memenuhi kebutuhan gizi si kecil sebagaimana yang dilakukan oleh ASI.

Untuk itu, bila bayi diberikan susu formula, maka si kecil akan butuh makanan pendamping lainnya. Makanan pendamping, baik diberikan sebagai pendamping susu formula atau pun ASI, harus diperhatikan betul. Makanan yang tidak tepat mungkin saja tidak bisa dicerna oleh pencernaannya.

Makanan pendamping yang dianjurkan

Untuk MPASI bagi bayi di usia empat hingga enam bulan, maka ada beberapa makanan yang dianjurkan. Makanan yang dianjurkan sebagai pendamping ASI diantaranya :

a. Bubur tepung beras atau beras merah. Dimasak dedengan kaldu dari daging atau sayuran atau susu formula (ASI) atau air.

b. Buah-buahan yang dihaluskan hingga lembut. Buah yang dianjurkan seperti pisang, apel, pepaya, melon dan alpukat.

c. Sayur-sayuran dan kacang-kacangan yang direbus dan dihaluskan dengan blender. Sayuran dan kacang yang dianjurkan adalah kentang, wortel, labu kuning, kacang polong, kacang merah, kacang hijau dan tomat.

d. Daging pilihan tanpa lemak yang dimasak lalu diblender.

e. Ikan fillet kukus yang diblender. Ikan yang dianjurkan seperti fillet salmon, fillet ikan kakap dan gindara.

Makan pendamping yang tidak dianjurkan

1. Makanan dengan kandugnan protein gluten seperti tepung terigu, barley, biji gandum dan kue yang terbuat dari tepung terigu. Reaksi dari gluten dapat menyebabkan bayi mengalami perut kembung, mual dan diare.
2. Makanan dengan lemak tinggi.
3. Makanan dengan bumbu terlalu tajam.
4. Makanan yang terlalu pedas.
5. Buah-buahan dengan kandungan asam tinggi seperti jeruk dan sirsak.
6. Buah-buahan yang mengandung gas seperti durian dan cempedak.
7. Sayuran yang mengandung gas seperti kol, kembang kol, lobak.
8. Kacang tanah karena dapat memicu rekasin alergi atau pembengkakan pada tenggorokan sehingga membuat bayi sulit bernafas.
9. Telur dalam porsi besar karena seringkali dapat memicu alergi. Bila alergi terjadi, hentikan konsumsi telur.
10. Makanan dengan bumbu gula, garam, bumbu masak atau penyedap rasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *