Keputihan Pada Ibu Hamil Apakah Berbahaya? Wajar Saat Trimester 2 3? Simak 5 Penyebab dan 4 Ciri-Ciri ini


Keputihan pada ibu hamil muda trimester 1 3 4 5 6 bulan tua apakah berbahaya pdf wajarkah amankah berwarna kuning cokelat abnormal normal berlebihan bagi pada saat penyebab obat mengatasi efek cara dampak mengobati wanita tidak di jurnal untuk pengobatan

Keputihan pada ibu hamil merupakan hal yang wajar terjadi, selama tidak menimbulkan keputihan yang berlebih dengan bau yang tidak sedap. Keputihan ini umumnya terjadi akibat perubahan hotmon selama kehamilan. Sehingga hal ini bisa memicu keseimbangan dari tingkat keasaman vagina atau organ kewanitaan Anda.

Hal inilah yang akhirnya menimbukan pertumbuhan jamur hingga mengakibatkan iritasi. Jadi, keputihan selama hamil itu sangat umum terjadi karena proses yang terjadi cukup kompleks.

Ada beberapa ciri yang bisa dijadikan sebagai acuan bagi ibu-ibu yang sedang hamil sehingga jika terjadi keputihan saat hamil tidak akan menimbulkan kepanikan dan bisa di atasi sedini mungkin.

Pada umumnya, keputihan saat mengalami proses mengandung tekstur dari keputihan dengan bentuk encer, warnanya agak bening dan sedikit berwarna putih pekat dan jika mencium baunya tidak berbau busuk.

Pada umumnya munculnya keputihan pada ibu hamil sudah berlangusng ketika masuk hamil muda atau pada trimester pertama dan kesalahan fatal seorang ibu hamil adalah kurang menjaga kebersihan daerah sensitifnya.

Ada dua jenis keputihan dalam dunia kedokteran, diantaranya keputihan fisiologis dan keputihan patologis. Keputihan fisiologis merupakan keputihan normal, ciri-cirinya adalah cairannya berwarna jernih, aromanya tidak berbau dan tidak akan menyebabkan rasa gatal pada daerah sekitar vagina.

Keputihan patologis merupakan keputihan yang tergolong tidak normal dengan ciri-ciri berwarna kehijauan dan beraroma tidak sedap dan menimbulkan rasa gatal di sekitar daerah vagina. Dampak negatif dari keputihan adalah bisa menyebabkan kelahiran prematur dan ketuban akan pecah sebelum waktu yang ditetapkan.

Penyebab keputihan pada ibu hamil terdiri dari berbagai penyebab, berikut akan di jelaskan penyebab terjadinya keputihan pada saat kehamilan :

• Terjadi karena peradangan dan infeksi akibat dari bakteri, jamur dan juga parasit. Umumnya infeksi vagina yang paling sering adalah akibat dari infeksi jamur.

• Infeksi virus dengan dampak menimbulkan kutil-kutil di sekitar vagina. Salah satu jenis infeksi penyebab keputihan adalah HPV atau kepanjangan dari Human Papilloma Virus.

• Dampak negatif akibat dari kanker rahim yang berkepanjangan dan sulit untuk di sembuhkan dalam jangka waktu yang dekat.

• Penyakit akibat dari hubungan intim dengan berganti pasngan, contohnya adalah Gonrhoe (GO) dan penyakit sifilis.

• Ciri-ciri akan melahirkan dengan ciri yang umum adalah adanya gumpalan lendir yang cukup tebal karena terjadi penyumbatan pada mulut rahim.

Anda yang mengalami keputihan pada masa kehamilan harus diwaspadai dan bila perlu segera berkonsultasi dengan dokter, karena jika tidak ditangani secara dini akan menyebabkan dampak buruk yang cukup besar baik bagi kesehatan ibu hamil atau kesehatan dan perkembangan janin yang dikandungnya. Ada kalanya keputihan tergolong tidak normal, ciri-cirinya adalah sebagai berikut :

• Lendir yang keluar aromanya tidak enak dan cukup menyengat

• Daerah di sekitar vagina berwarna kemerahan dan akan terasa gatal.

• lendir terlihat mengental dan terasa lengket

• lendir berwarna hijau dan agak kuning, bahkan jika dalam keadaan parah akan terlihat warna kemerahan sampai kecokelatan.

Dari keputihan jenis normal, itu disebabkan dari kelenjar yang disebabkan penghasil hormon kehamilan, dalam kondisi tesebut bisa diantisipasi ketika sudah melahirkan, karena akan hilang dengan sendirinya. Untuk mengatasi keputihan yang tergolong tidak normal, Anda seharusnya lebih mewaspadai terjadinya keputihan tersebut sehingga harus di waspadai sedini mungkin.

Segera hubungi dokter untuk berkonsultasi dan mengatasinya dengan benar, karena jika salah dalam mengantisipasinya akan berkaibat fatal kedepannya. Ya, itulah pembahasan mengenai penyebab dan ciri-ciri keputihan pada ibu hamil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *