6 Persiapan Persalinan Normal Ibu Hamil dan Kelahiran Bayi Anak Pertama / Kedua di Rumah Sakit


Persiapan persalinan normal dan kelahiran bayi anak pertama pdf sesar baksokuda kedua kembar p4k kucing menjelang menghadapi fisik untuk sebelum mental alat kumpulan tips alat contoh makalah secara agar setelah bahan proses lancar video latihan sap cara trimester 1 2 3 leaflet ppt materi tentang menyambut barang kti pre operasi sblm dalam kegawatdaruratan persia malamMelakukan persiapan persalinan biasanya dilakukan bunda yang usia kandungannya sudah menginjak trimester ketiga kehamilan. Umumnya calon orang tua sendiri merasa panik saat usia kandungan sudah menjelang masa-masa persalinan.

Supaya bunda benar-benar siap menghadapi persalinan itu sendiri, makan bunda harus segera mempersiapkan kelahiran si kecil nantinya. Masa-masa persalinan merupakan masa-masa yang ditunggu bunda untuk menyambut kedatangan sang buah hati.

Ada beberapa hal yang perlu bunda persiapkan saat menjelang persalinan untuk mengurangi kepanikan yang terjadi selama masa persalinan, seperti berikut ini :

1. Memilih metode persalinan

Ketika menjelang persalinan, calon orang tua tentu harus berkomunikasi satu sama lain dengan dokter. Bunda harus sering melakukan konsultasi untuk mendapatkan penanganan yang tepat saat persalinan tiba. Bunda bisa memilih metode persalinan yang disarankan dokter sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan bunda.

Biasanya dokter akan mempertimbangkan segala macam resiko yang terjadi. Dokter juga akan memilihkan metode kelahiran dengan operasi Caesar ataukah normal sesuai dengan keadaan kandungan dan kekuatan rahim bunda.

2. Mempertimbangkan tempat persalinan

Saat usia kehamilan trimester 3, maka bunda harus sudah menentukan tempat persalinan yang akan bunda gunakan nantinya. Bunda juga harus memilih tempat persalinan yang dekat dengan tempat tinggal supaya bisa mengantisipasi waktu persalinan yang biasanya tidak terduga.

Selain itu, jika rumah sakit agak jauh dari tempat tinggal Anda setidaknya Anda sudah melakukan reservasi ruangan kamar di rumah sakit. Hal ini dikarenakan apabila bunda tidak mempersiapkannya dari awal, maka kemungkinan mendapatkan kamar yang diinginkan akan sulit.

Terlebih lagi, dengan melakukan reservasi terlebih dahulu maka bunda menghindari penuhnya kamar di rumah sakit. Sebenarnya, kenyamanan kamar persalinan sendiri sangat penting karena bisa mempengaruhi kondisi mental sang ibu saat melahirkan.

3. Memilih bidan atau dokter kandungan

Hal yang perlu Anda pertimbangkan ketika mempersiapkan kelahiran adalah memilih tenaga medis yang akan menolong persalinan bunda. Anda harus memilih jauh-jauh hari tenaga medis untuk persalinan Anda, seperti bidan ataukah dokter. Ada baiknya jika Anda memilih tenaga medis yang sudah menangani kehamilan Anda sejak trimester pertama hingga trimester ketiga kehamilan.

4. Perbanyak diskusi dengan suami

Saat menjelang persalinan, Anda dan suami harus lebih sering berdiskusi mulai dari tempat persalinan, perlengkapan bayi, kamar bayi dan juga nama bayi yang akan digunakan untuk nama buah hati Anda. Segala sesuatu yang berhubungan dengan persalinan tentu harus didiskusikan bersama pasangan. Dengan berkomunikasi secara lancar bersama suami maka Anda pun akan lebih siap menghadapi persalinan dan efek setelah persalinan nanti.

5. Berdoa dan ikhlas

Tak jarang bunda yang sebentar lagi menjalani persalinan, mengalami yang namanya perasaan gelisah, takut, dan serba salah. Untuk mengatasi itu semua, Anda harus perbanyak berdoa, sabar dan juga ikhlas. Proses kelancaran persalinan sendiri sebenarnya dipengaruhi oleh kondisi psikis sang ibu dalam mempersiapkan kelahiran itu sendiri. Anda bisa mencoba tenang dan juga siap menghadapi persalinan agar persalinan Anda normal serta berjalan lancar.

6. Tas persalinan

Hal yang tak kalah pentingnya dalam mempersiapkan persalinan itu sendiri adalah menyiapkan tas atau perlengkapan persalinan. Hal ini sangat penting, supaya setelah melahirkan Anda tak lagi kerepotan dan panik membawa barang-barang yang dibutuhkan untuk bayi maupun ibu. Persiapkan dan data barang-barang apa saja yang diperlukan selama selama proses persalinan berjalan.

Nah, itulah beberapa faktor terpenting dalam persiapan persalinan yang wajib Anda lakukan jauh-jauh hari sebelum persalinan. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *