Pompa Asi Elektrik VS Manual Yang Bagus Aman Tidak Sakit Harga Murah, Ini 5 Tips Memilihnya


Pompa asi elektrik atau manual yang bagus harga murah berkualitas. Pigeon avent iq baby unimom little giant second crown medela bekas rusak aman tidak sakit merk apa nyaman5 Tips Memilih Pompa ASI yang Tepat untuk Bunda

ASI memang adalah makanan terbaik bagi bayi. Hampir tak ada yang menyanggah hal ini bukan? Susu formula yang dirancang sebaik apa pun, masih belum ada yang mampu menandingi kehebatan dari kandungan gizi di dalam ASI.

Karenanya, memberikan ASI ekslusif bagi bayi selama enam bulan adalah hal terbaik yang dilakukan oleh seorang Ibu. Sekalipun seorang Ibu tidak dapat memberikan ASI nya secara langsung pada si kecil, tapi ASI dapat diperah, disimpan dan diberikan pada bayi.

Sebagai seorang ibu yang mungkin juga masih harus disibukkan dengan pekerjaan, Anda terkadang tidak bisa memberikan ASI langsung pada si kecil. Untuk itu, Anda harus memerahnya terlebih dahulu.

Memerah ASI mungkin terkesan sebagai suatu pekerjaan yang mudah. Padahal, tak sedikit pada ibu yang ternyata masih sering mengalami kesulitan ketika memerah ASI. Selain kesulitan, terkadang memerah ASI juga terasa tidak nyaman.

Untuk memerah ASI, Anda bisa menggunakan tangan secara langsung, atau bisa juga dengan alat bantu berupa pompa khusus pemerah ASI. Memerah langsung dengan tangan umumnya lebih sulit. Karenanya, banyak ibu yang lebih memilih memanfaatkan pompa ASI karena dirasa lebih efisien.

Namun, dalam memilih pompa untuk ASI, Anda harus melakukannya dengan teliti. Pilih hanya yang paling baik dan paling tepat untuk Anda sehingga tidak memberikan efek samping buruk pada payudara dan juga kualitas ASI.

Bagi Anda yang kebingungan dalam memilih pompa ASI, berikut ada tipsnya untuk Anda.

1. Perhatikan Segi Keamanan Pompa

Banyak pompa untuk ASI yang terbuat dari bahan plastik. Apabila pompa yang Anda pilih juga berbahan plastik, pastikan plastik yang digunakan aman. Untuk mengetahuinya, coba Anda lihat dalam kemasan yang tersedia.

Perhatikan jenis bahan plastik apa yang digunakan apakah aman atau tidak. Plastik yang baik umumnya terbuat dari bahan bahan plastik High Density Polyehylene (HDPE). Jika tidak, Anda bisa memilih pompa yang bebas dari bahan Bisphenol A (BPA).

2. Perhatikan Jenis Pompa

Aneka jenis pompa untuk ASI. Jenis pompa yang lebih disarankan secara umum adalah jenis pompa dengan tipe piston. Sedangkan untuk jenis pompa tipe terompet tidak disarankan.

Jenis pompa ini umumnya akan membuat Anda lebih sulit dalam memberikan tekanan untuk mendapatkan ASI. Selain menggunakan pompa jenis piston, Anda juga bisa memilih pompa silindris. Tipe silindris relatif lebih nyaman dan juga mudah dibersihkan.

3. Pompa yang Mudah untuk Dibersihkan

Pompa yang Anda pilih tentu akan digunakan dalam waktu relatif lama dan berulang -ulang bukan? Untuk itu, Anda pun harus sering- sering membersihkannya. Karena alasan inilah, memilih pompa yang mudah untuk dibersihkan adalah hal penting.

Pompa yang Anda gunakan harus mudah untuk dirawat sekaligus mudah untuk dibersihkan pada setiap bagiannya. Sebaiknya, Anda menghindari pompa dengan penghisap karet dikarenakan lebih sulit untuk dibersihkan.

4. Pilih sesuai kebutuhan

Pompa untuk ASI tersedia dalam berbagai bentuk dan tipe. Ada aneka pompa manual, dengan tenaga listrik, pompa baterai dan ada pula gabungan dari baterai dan listrik. Untuk menentukan mana yang tepat, Anda harus melihat kebutuhan Anda terlebih dahulu.

Bagi Anda yang sekiranya punya banyak waktu untuk memerah, maka Anda bisa menggunakan pompa manual. Untuk Anda yang mungkin sangat sibuk sehingga harus segera menyelesaikan rutinitas memerah ASI, Anda bisa memilih pompa baterai.

5. Perhatikan Daya Hisap Pompa

Daya hisap dari setiap pompa terkadang berbeda. Jangan berasumsi bahwa pompa dengan daya hisap tinggi lebih baik. Hal ini justru bisa menimbulkan rasa tidak nyaman. Pompa manual akan lebih mudah untuk diatur daya hisapnya. Bila Anda menggunakan pompa elektrik, pilih yang difasilitasi dengan daya atur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *