Senam Untuk Ibu Hamil Muda / Tua di Rumah Usia 5 6 7 8 9 Bulan Agar Mudah Melahirkan, Simak 5 Manfaat dan 4 Aturan ini


Senam untuk ibu hamil 4 5 6 7 8 9 bulan muda tua senam ibu hamil bayi sungsang di jogja bln kegel yoga pilates sehat yang baik payudara pernafasan youtube video rumah download gerakan cara ringan aman agar melahirkan aerobik wanita bagi buat usia umur keatas posisiSenam saat proses kehamilan merupakan salah satu hal yang paling penting terutama untuk mempersiapkan persalinan. Senam hamil memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan kebugaran tubuh ibu hamil. Selain itu, senam juga bisa membuat janin lebih terjaga.

Untuk itu, sangat penting melakukan senam hamil untuk menyehatkan kehamilan baik pada ibu maupun pada bayi yang dikandungnya. Lalu, apa saja manfaat dari senam untuk ibu hamil bagi kehamilan? Berikut ini ulasannya :

a. Mengatur saluran pernafasan

Manfaat utama senam hamil adalah dapat mengatur saluran pernafasan ibu hamil. Sehingga ibu hamil bisa mempersiapkan diri untuk proses persalinan nanti. Dengan melakukan senam hamil ini, maka bunda bisa mendapatkan asupan oksigen yang cukup, sehingga memudahkan proses persalinan dengan pengaturan nafas yang benar.

b. Membuat ibu lebih relaks

Manfaat senam untuk ibu hamil berikutnya adalah dapat membuat ibu lebih tenang dan relaks. Senam hamil merupakan tahapan proses relaksasi alami untuk menenangkan pikiran ibu hamil. Hal ini juga sangat penting bagi ibu hamil untuk mengurangi ketegangan ketika proses persalinan.

c. Menguatkan dan melenturkan otot-otot bagian dinding perut

Jika Anda melakukan senam hamil secara teratur dan rutin, maka Anda tidak akan mengalami rasa nyeri di bagian bokong maupun perut. Karena senam hamil itu sendiri bermanfaat untuk menguatkan serta melenturkan bagian otot dinding perut secara alami. Selain itu, membuat otot-otot di sekitarnya menjadi lebih lentur dan elastis.

d. Proses persalinan lebih lancar

Dengan senam hamil, maka proses persalinan pun menjadi lebih lancar. Hal ini sesuai dengan pendapat para ahli yang menyatakan bahwa dengan senam hamil, maka dapat meminimalisir kesulitan proses persalinan kelak.

e. Membuat pola tidur lebih teratur

Senam hamil layaknya olahraga yang dilakukan oleh ibu hamil yang memiliki manfaat untuk membuat pola tidur ibu lebih teratur. Selain itu, ibu juga akan lebih nyenyak saat tidur setelah melakukan senam hamil di pagi harinya. Untuk itu, Anda bisa melakukan senam hamil sebagai cara untuk mengatasi kesulitan tidur pada ibu hamil.

Dengan mengetahui manfaat senam hamil di atas, maka Anda bisa mempertimbangkannya untuk melakukan senam secara teratur. Karena manfaatnya selain bisa dirasakan oleh ibu hamil juga bisa dirasakan oleh janin yang ada dalam kandungan.

Meskipun begitu, sebelum melakukan gerakan senam hamil ini maka Anda harus melakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter spesialis kandungan. Karena dokter kandungan yang bisa menilai kondisi kandungan Anda saat ini apakah aman atau tidak aman jika melakukan senam hamil.

Meskipun Anda mengetahui bahwa banyak sekali manfaat yang didapatkan ketika melakukan senam hamil. Tetap ada beberapa aturan bagi ibu hamil untuk melakukan senam seperti berikut ini :

1. Anda harus memiliki persetujuan dari dokter kandungan ataupun bidan terlebih dahulu. Hal ini untuk mencegah terjadinya bahaya atau resiko kehamilan jika Anda melakukan senam hamil.

2. Senam hamil dilakukan pada ibu nhamil dengan usia kehamilan sekitar 22 minggu.

3. Apabila Anda mengalami beberapa keluhan seperti kontraksi yang terlalu sering, timbulnya rasa nyeri hingga pendarahan, maka sebaiknya hentikan senam hamil yang Anda lakukan. Lalu, konsultasikan masalah Anda ini pada dokter spesialis kandungan.

4. Bagi ibu hamil dengan riwayat berbagai macam penyakit, seperti kelainan dari letak plasenta, penyakit gangguan pernafasan, pendarahan, pre eklamsia hingga hipertensi, maka sebaiknya tidak melakukan senam hamil. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter yang bersangkutan.

Demikianlah tips dan aturan senam untuk ibu hamil agar tidak membahayakan kondis kehamilan!

This article has 1 comment

  1. terimakasiihh forumibuhamil.com atas infonyaaa sangat bermanfaat dan insyaallah menyadarkan banyak ibu hamil Indonesia akan keuntungan dari senam hamil yaah 🙂

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *