7 Tips Perawatan Pasca Melahirkan Secara Tradisional Yang Tepat


Perawatan pasca melahirkan mustika ratu normal Caesar clarins tanpa jahitan Surabaya jogja sc sari ayu Martha tilaar operasi secara tradisional care bandung ibu perut miss v payudara badan paket dari tubuh setelah luka artikel tips cara download obat jasa tempat salon Yogyakarta dianPerawatan pasca melahirkan sangat perlu bagi ibu hamil, karena perubahan hormon ketika melahirkan meninggalkan dampak-dampak bagi ibu hamil. Perawatan khusus pasca melahirkan sebenarnya bisa Anda lakukan sendiri di rumah ataupun di tempat-tempat tertentu, seperti halnya salon dan pusat spa.

Ada beberapa pusat spa ataupun salon biasanya menawarkan paket perawatan setelah melahirkan. Setelah melahirkan, biasanya sang ibu merasakan kontraksi yang masih membekas di area perut. Terutama ketika ibu menyusui, hal ini dikarenakan meningkatnya hormon oksitosin yang memicu kontraksi terjadi selama kelahiran berlangsung.

Kontraksi yang terjadi pasca melahirkan ini umumnya berlangsung selama 5 sampai 7 hari lamanya, yang kemudian perut mengempis dengan sendirinya secara bertahap. Setelah itu, rahim akhirnya akan kembali normal ke ukuran semula.

Proses kelahiran yang kita kenal sendiri terdiri dari 2 jenis, yaitu kelahiran normal dan Caesar. Kedua metode kelahiran ini memiliki keunggulan dan kekurangannya sendiri-sendiri tergantung dari kondisi kandungan yang dialami ibu hamil. Perawatan setelah melahirkan penting sekali fungsinya agar ibu merasa lebih rileks kembali dan bisa mengatasi dampak baby blues setelah melahirkan.

Karena ibu sejatinya membutuhkan perawatan untuk memulihkan kondisi kesehatan dan psikisnya setelah melahirkan. Dengan melakukan perawatan untuk ibu sehabis melahirkan ini, selain bermanfaat sebagai media relaksasi juga bertujuan untuk mengembalikan fisik ibu yang sebelumnya menurun seusai melalui masa-masa yang sulit ketika melahirkan bayinya ke dunia.

Adapun perawatan pasca melahirkan di rumah, pastinya harus didampingi oleh keluarga dekat untuk menjaga dan mengingatkan sang ibu. Ada beberapa tips penting yang harus dilakukan dalam perawatan pasca melahirkan, seperti berikut ini :

1. Bunda harus mencuci dan membersihkan area vagina atau kemaluan bunda memakai sabun dan air ketika buang air besar dan kencing. Adapun cara yang tepat membasuh area kemaluan ini adalah dengan membersihkan area depan hingga area belakang. Namun, sebelum Anda membersihkan area kemaluan maupun sesudahnya disarankan untuk mencuci tangan sampai bersih agar tangan Anda tetap steril.

2. Saat nifas, bunda harus sering mengganti pembalut, setidaknya 2 kalid alam sehari terutama ketika area vagina Anda basah.

3. Saat bunda sedang nifas, maka bunda membutuhkan makanan yang bernutrisi dan bergizi seimbang, dengan pemenuhan kalori, protein, mineral dan vitamin untuk memulihkan stamina bunda. Seperti kita ketahui, proses melahirkan sendiri telah mengeluarkan banyak darah sang ibu. Maka dari itu, untuk mengatasi kekurangan darah ketika melahirkan, bunda wajib mengkonsumsi makanan yang bergizi, seperti telur dan ikan.

4. Selain pemenuhan makanan yang bergizi dan bernutrisi tinggi, maka bunda juga sebaiknya meminum obat penambah darah, setidaknya 40 hari pasca persalinan agar menggantikan darah pasca melahirkan. Selain itu, dengan mengkonsumsi obat penambah darah ini, akan membuat bunda lebih cepat untuk pulih.

5. Bunda juga harus merawat luka di bagian jalan lahir dengan memberinya betadine dengan balutan kassa steril sebanyak 3 kali dalam sehari untuk menghindari infeksi.

6. Bunda yang baru melahirkan tentu membutuhkan banyak air untuk memproduksi ASI yang berkualitas dan lebih banyak agar mengembalikan keseimbangan cairan dalam tubuh. Pastikan bunda mengkonsumsi air putih setidaknya 3 liter setiap harinya.

7. Bunda pasca melahirkan membutuhkan istirahat yang banyak dan cukup, untuk mempercepat pemulihan selama pasca persalinan. Selain itu, istirahat yang cukup juga dibutuhkan supaya rahim pada ibu tetap mengecil dan keras untuk mengurangi pendarahan saat nifas.

Nah, itulah beberapa tips perawatan pasca melahirkan yang tepat untuk bunda yang baru melahirkan. Semoga bermanfaat!

This article has 1 comment

  1. Minum minuman berkarbonasi ketika uk 38-40 minggu, apakah berbahaya bagi janin??

    Terimakasih atas bantuannya..mohon dijelaskan sedetail mungkin ya….

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *